Mesin Mio M3 125 Ngempos dan Mudah Mati? Ternyata Penyebabnya Sepele.

Pemakai Yamaha Mio M3 125 atau Fino 125 atau All New Soul GT mungkin sering mengalami masalah diatas. Habis jalan agak kencang, ketemu polisi tidur terpaksa tutup gas dan ngerem. Waktu buka gas lagi terasa gasnya ngempos atau bahkan mati mesin.

Master Teknisi Yamaha Kerta Jaya Balaraja, pak Adang menyampaikan penyebab masalah ini ternyata sepele.

Keluhan ini ternyata gara-gara kurangnya perawatan atau perawatan yang tidak tepat. Penyebabnya adalah karena kondisi Throttle Body yang sudah kotor. Setelah dibersihkan dijamin masalahnya selesai. Tapi jika setelah dibersihkan, masalah motormu masih tetap sama, penyebab keluhannya adalah hal lain, yaitu kondisi Fuel Pump yang sudah tidak optimal.

Untuk memastikan apakah Throttle Bodynya kotor, cukup lihat kondisi sekrup Setelan Gas. Pada foto dibawah terlihat ujung sekrup yang sudah hitam. Jika sudah hitam artinya Throttle Body memang sudah kotor.

Setelah dilepas, terbukti Throttle Bodynya memang sudah kotor.

Jadi sudah waktunya untuk membersihkan Throttle Body.

Dan beginilah hasilnya setelah dibersihkan. Jauh berbeda kan?

Untuk mencegah masalah ini, sebaiknya lakukan pembersihan/cleaning Throttle Body setiap 5000-6000 km. Untuk Mio M3 biayanya hanya Rp 10.000,-

Kondisi motor yang optimal akan membuat motormu jadi lebih enak dikendari, bertenaga dan juga lebih irit, karena tenaga motornya cukup jadi gak perlu buka gas terlalu besar.

Semoga tips ini bermanfaat. Salam semakin di depan. Gaspool.